Facebook Twitter
Gratis berlangganan artikel http://www.stmik-bjb.tk/ via mail, join sekarang!

Wednesday, September 14, 2011

0
Algoritma Dan Pemprograman Turbo Basic

Do you want to share?

Do you like this story?

Ga Terasa ini Hari ke 3 Masuk Kuliah dan baru  dapat 6 Mata Kuliah dari 7 Mata Kuliah Yang Gue Ambil. Tinggal Hari Jum'at aja lagi Mata Kuliah yang Terakhir. hohoho, meski begitu udah ada beberapa tugas yang diberikan sama Dosen. Untungnya masih mengerti sama tugasnya. nah kebetulah pada mata kuliah yang ke 6 ini dengan mata kuliah Algoritma Pemprograman (Basic) dimana Oleh Dosennya menggunakan Turbo Basic (TB). kali ini saya akan sedikit sharing tentang apa yang saya pelajari hari ini biarpun baru sedikit , seperti kata pepatah "Sampaikanlah Walaupun Satu Ayat", hehehehe. yang saya sampaikan ini hanya saya saya tulis dan saya dengarkan aja dan yang saya pahami, yang ga saya dengan ga ada akan saya tulis (ya iyalah ga ditulis, apa yang yang di tulis klo ga ada yang di dengar, xixixix), mungkin ini bisa juga teman-teman yang hari ini tadi tidak ikut dalam kelas alias ga hadir untuk bisa baca Postingan ini. Ok langsung Aje......!!!!
Mata Kuliahnya yaitu  Algoritma Pemprograman

Apakah Itu Algoritma?

Ditinjau dari asal usul katanya kata Algoritma sendiri mempunyai sejarah yang aneh. Orang hanya menemukan kata Algorism yang berarti proses menghitung dengan angka arab. Anda dikatakan Algorist jika anda menghitung menggunakan Angka Arab. Para ahli bahasa berusaha menemukan asal kata ini namun hasilnya kurang memuaskan. Akhirnya para ahli sejarah matematika menemukan asal kata tersebut yang berasal dari nama penulis buku arab yang terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi. Al-Khuwarizmi dibaca orang barat menjadi Algorism. Al-Khuwarizmi menulis buku yang berjudul Kitab Al Jabar Wal-Muqabala yang artinya “Buku pemugaran dan pengurangan” (The book of restoration and reduction). Dari judul buku itu kita juga memperoleh akar kata “Aljabar” (Algebra). Perubahan kata dari Algorism menjadi Algorithm muncul karena kata Algorism sering dikelirukan dengan Arithmetic, sehingga akhiran –sm berubah menjadi –thm. Karena perhitungan dengan angka Arab sudah menjadi hal yang biasa. Maka lambat laun kata Algorithm berangsur-angsur dipakai sebagai metode perhitungan (komputasi) secara umum, sehingga kehilangan makna kata aslinya. Dalam Bahasa Indonesia, kata Algorithm diserap menjadi Algoritma.

Algoritma adalah urutan atau langkah-langkah penyelesaian suatu masalah yang disusun secara sistematis dan logis.

Tambahan Dari Saya menurut yang saya Fahami dan dari sumber-sumber lain yang saya temukan :
Kata Logis merupakan kata kunci dalam Algoritma. Langkah-langkah dalam Algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah (False)/(0) atau benar (True)/(1).

Melaksanakan Algoritma berarti mengerjakan langkah-langkah di dalam Algoritma
tersebut. Pemroses mengerjakan proses sesuai dengan algoritma yang diberikan kepadanya.
Contoh Umumnya:
Juru masak membuat kue berdasarkan resep yang diberikan kepadanya, pianis memainkan lagu berdasarkan papan not balok. Karena itu suatu Algoritma harus dinyatakan dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh pemroses. Jadi suatu pemroses harus :
1. Mengerti setiap langkah dalam Algoritma
2. Mengerjakan operasi yang bersesuaian dengan langkah tersebut.

Sampai saat ini terdapat puluhan bahasa pemrograman. Yang dapat dibedakan berdasarkan tujuan dan fungsinya. Diantaranya adalah :

Belajar Memprogram
• Belajar memprogram ≠ belajar bahasa pemrograman
• Belajar memprogram : belajar tentang strategi pemecahan masalah, metodologi dan

sistematika pemecahan masalah kemudian menuliskannya dalam notasi yang disepakati bersama
• Belajar memprogram : bersifat pemahaman persoalan, analisis dan sintesis
• Belajar memprogram, titik berat : designer program

• Belajar bahasa pemrograman : belajar memakai suatu bahasa pemrograman, aturan sintaks,
tatacara untuk memanfaatkan instruksi yang spesifik untuk setiap bahasa
• Belajar bahasa pemrograman , titik berat : coder

Produk yang dihasilkan pemrogram :
• program dengan rancangan yang baik (metodologis, sistematis)
• Dapat dieksekusi oleh mesin
• Berfungsi dengan benar
• Sanggup melayani segala kemungkinan masukan
• Disertai dokumentasi
• Belajar memprogram, titik berat : designer program

Ok, lanjutttttttt!!!

Dalam Algoritma Program dalam Hal ini kita Menggunakan Program Turbo Basic ada 3 Kompoten Penting yang Perlu kita Ketahui yaitu
1. Command yaitu Perintah-Perintah pada Program yang bisa di terima dan dibaca Oleh Program itu Sendiri.
2. statement (Pernyataan-perntayaan yang ini kita isi di program)
3. Variable dalam Wikipedia dijelaskan Variabel : 1. berubah-ubah, tidak tetap; 2. deklarasi sesuatu yang memiliki variasi nilai 3. berbeda-beda dalam bahasa pemrograman disebut juga simbol yang mewakili nilai tertentu, variabel yang dikenal di sub program disebut variabel lokal. sedah yang di kenal secara umum/utuh dalam satu program disebut variabel global

Contoh Command yang ada di Turbo Basic ini sebagai berikut
- Print atau bisa dengan tanda ? : digunakan untuk menampilkan data yang kita inginkan
- Rem atau bisa dengan tanda petik satu (')dibaca Remark : command ini digunakan untuk memberikan identitas Program saja atau sebagai pemberi keterangan identitas bahasa program yang sedang kita buat, boleh dipakai boleh juga tidak karena tidak berpengaruh terhadap hasil dari program itu nantinya.
- cls : clear screen digunakan untuk membersihkan layar screen dari command-command program yang dijalankan sebelumnya dan agar saat program dijalankan hanya tampil command-command program yang ingin kita tampilkan yang kita jalankan saat itu saja.

Pertama Download dulu Program Turbo Basicnya Dilik Berikut (Download Turbo Basic) Jika Belum Punya.

Simpan dan Exstrax filenya ke Folder D
Nama Foldernya TB
Isi Filenya dalam Folder TB itu (ada 6 File)
1. CHKLIST.MS
2. COMMAND
3. CONFIG
4. TB
5. TBCONFIG.TB
6. TBINST

Nah untuk menjalankan Program Turbo Basic ini ikuti langkah-langkah berikut:
1. Buatkan Dulu Folder baru dengan nama Ujicoba atau terserah kalian (buatkan di folder TB saja dulu) hasilnya akan seperti ini D:\TB\Ujicoba ini digunakan untuk menyimpan hasil data kita nanti.
2. Jalan file aplikasi TB yang berada di Folder TB tadi.
3. tekan tanda panah bawah pada keyboard pilih Change dir kemudian ketikkan di belakang direktori D:\TB\ dengan nama folder yang kita buat tadi misalkan "Ujicoba" dan tekan enter sehingga hasilnya seperti ini "D:\TB\UJICOBA", seperti sreenshot berikut:
Algoritma Dan Pemprograman Turbo Basic

4. Masih di MENU FILE Arahkan lagi ke NEW dan Enter untuk membuat file data baru.
5. Kemudian tekan dan arahkan ke Menu EDIT dan ENTER untuk masuk ke Modus Pengetikkan Perintah-Perintah Programnya.
Algoritma Dan Pemprograman Turbo Basic

Contohnya:
Kita Coba dengan Mengetikkan Tulisan seperti dibawah ini!
Rem Belajar Turbo Basic
cls
print "Mari Belajar Turbo Basic"
print "Okelah Kalo Begitu"
print "Tapi Pelan-Pelan Saja"
? "Yu Mariiiiiiiiii!!"

Setelah selesai mengetiknya tekan tombol Esc pada keyboard untuk kembali ke Menu

6. Simpan data dengan cara mengrahkan ke Menu File dan arahkan tanda panah bawah ke Save dan Enter atau dengan Menekan Tombol F2, Ganti Nama NONAME.BAS menjadi Nama File yang diinginkan misalkan Misalkan TEST.BAS
7. Untuk Melihat Hasil dari Command yang kita Berikan tadi silahkan menuju ke Menu RUN dan Enter atau bisa juga dengan menekan tobol F7, Jika tidak ada Error berarti Sintak-Sintak Command yang kita masukkan Tadi udh benar.
Maka contoh Hasilnya akan Seperti ini
Algoritma Dan Pemprograman Turbo Basic

8. Untuk Keluar dari Program bisa dengan menekan Tombol alt x di keyboard atau dari menu File dan pilih Quit
Nah Selesai Deh. untuk melihat file hasil silahkan buka Folder D:\TB\Ujicoba, akan ada 2 file satunya berextensi .bas (File Aslinya) dan satunya berextensi .BAK (file Backupnya)

Berapa Fungsi ctrl di kerboard yang bisa kita pakai di Turbo Basic (yang di pelajari Hari ini).
ctrl KB - ctrl kk Untuk Memblock Data, caranya arahkan cursor ke awal data yang mau di Block kemudian tekan ctrl KB terus arahkan lagi cursor ke akhir data yang ingin di Block terus tekan tombol ctrl kk
(^KH) ctrl KC = Untuk Mengcopy data yang kita Block tadi, caranya arahkan cursor ke tempat yang ingin kita pastekan hasil copyannya nanti dan tekan ctrl KC
(^KV) ctrl KV = Untul Memindahkan data yang kita block tadi, caranya arahkan cursor ke tempat yang ingin kita Pindahkan datanya tadi dan tekan ctrl KV
(^KY) ctrl KY = Untuk Menghapus satu baris data jika ingin menghapus lebih dari satu baris maka Block dulu data yang mau di hapus dengan menggunakan ctrl KB - ctrl kk tadi, kemudian tekan ctrl KY.
(^KH) ctrl KH = Untuk Menghilangkan Tanda Block.
Fungsi Menu Yang ada Di Turbo Basic
Menu File
1. Load Untuk Memanggil Data yang Pernah kita Buat
2. New  Untuk Membuat Data Baru
3. Save Untuk Menyimpan Data yang sedang kita buat
4. Write To Untuk menyimpan data dengan nama yang berbeda atau sama artinya dengan Save As pada modus Windows
5. Main File untuk menetukan extensi nama File yang ingin kita simpan nantinya dalam Hal ini (*BAS)
6. Directory Untuk Malihat isi atau List dari Directory Active
7. Change DIR digunakan untuk merubah Posisi Default Directory (ada di Contoh  tugas Nomor 3 )
8.  OS Shell Untuk berpindah ke Modus Command Prompt
9.  Quit Untuk Keluar dari Program Turbo Basic

Menu EDIT
Digunakan untuk menuju Modus Menulis Sintaks-Sintaks Program Turbo Basic pada File Active Baik File Baru maupun File yang mau di Edit lagi.
 Menu RUN
Digunakan untuk Melihat Hasil dari Sintak-sintak yang kita buat di dalam Program Turbo Basic sebelum di Compile manjadi file executable atau biasa disebut file exe, apakah sintak-sintak program yang kita masukkan sudah benar atau salah.

Menu Compile
Digunakan untuk membuat file yang sudah kita buat menjadi file executable (*.exe) atau langsung bisa dijalankan secara langsung. dan File yang sudah jadi ini tidak bisa di edit lagi karena sudah berextensi exe buka *BAS lagi. jika ingin mengedit maka yang harus di edit adalah file Masternya yang masih dalam bentuk *.BAS dan bisa di compile ulang.

Ok, cukup Itu aja dulu ya untuk materi Algoritma Dan Pemprograman Turbo Basic. Lain kali kita Lanjut lagi Jika ada Waktu dan Kesempatan, Sekian dan Terima Gaji eh salah Terima Kasih masksudnya, Semoga Artikel ini bermafaat bagi kita semua, Jika ada kata-kata yang salah Gue Minta maaf, dan jika ada pengertian yang Salah silahkan di koereksi dengan berkomentar kolom komentar.

Download Software Free in here Cyberlink Soft or Download phpMyAdmin 3.4.6
>
>>>>EBOOK Dibawah Ini Penting Untuk Anda: <<<
  1. Langkah Demi Langkah Diagnosa Dan Memperbaiki Kerusakan PC Desktop
  2. Langkah Demi Langkah Diagnosa Dan Memperbaiki Kerusakan Komponen Motherboard
  3. Langkah Demi Langkah Diagnosa Dan Memperbaiki Laptop
  4. Ebook Cara Memperbaiki Laptop
  5. Ebook Cara Membangun Jaringan Komputer/Warnet/a>
  6. <
belajar komputer
Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari STMIK Banjarbaru Teknik Informatika Angkatan 2011 di inbox anda:

0 comments:

Post a Comment

 

Film Box Office Update

Baru di Mplut Dot Com

Chord Lagu Update

Edited By The Gaptek